Account
Please wait, authorizing ...
×

Banyuwangi (14/2), KPU Banyuwangi mengundang 2 bakal pasangan calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 dalam rangka penyampaian SOP penyerahan syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

Ari Mustofa selaku Anggota KPU Divisi Teknis memaparkan beberapa hal yang perlu diketahui oleh Bakal Pasangan Calon Perseorangan, diantaranya mengenai tata cara penyerahan dokumen, apakah diterima, dikembalikan, atau ditolak dengan situasi yang seperti apa. Beliau menginformasikan bahwa penyerahan dokumen akan berlangsung pada 19 - 23 februari 2020. Untuk tanggal 19 - 22 Februari dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, sedangkan untuk tanggal 23 Februari dimulai pukul 08.00 smpai 24.00 WIB.

Apabila dukungan yang terkumpul dianggap sudah memenuhi syarat dukungan dan sebaran maka Bakal Pasangan Calon Perseorangan dapat melakukan SUBMIT pada menu Aplikasi Silon di KPU Banyuwangi dan menyerahkan dokumen syarat dukungan untuk dilakukan penelitian/pengecekan jumlah dukungan dan jumlah sebaran.

Beberapa pertanyaan disampaikan oleh Bakal Pasangan Calon Perseorangan diantaranya tentang keabsahan pengisian Formulir Model B.1-KWK Perseorangan dan tentang keabsahan tandatangan pendukung pada Formulir Model B.1-KWK Perseorangan.  Ari Mustofa menjelaskan bahwa pada masa penerimaan dukungan yang dilakukan KPU Kabupaten Banyuwangi hanya meghitung jumlah sekaligus meneliti/mengecek keabsahan Formulir Model B.1-KWK Perseorangan, Formulir Model B.1.1-KWK Perseorangan, dan Formulir Model B.2-KWK Perseorangan. Beliau juga mengatakan Bakal Pasangan Calon Perseorangan harus menyiapkan materai untuk Formulir Model B.1.1-KWK Perseorangan dan Formulir Model B.2-KWK Perseorangan yang disusun perdesa dan ditandatangani basah oleh bakal pasangan calon.

“Mengenai keabsahan tandatangan, KPU Banyuwangi akan melakukan penelitian / verifikasi tersebut pada masa verifikasi administrasi. Hal itu karena pada masa penyerahan dan pengecekan jumlah dukungan dan sebaran hanya akan dilakukan pengecekan keabsahan Formulir Model B.1-KWK Perseorangan dengan indikator keabsahannya yaitu untuk Formulir Model B,1-KWK Perseorangan ditandatangani atau dibubuhi cap jempol oleh pendukung, ditempel fotokopi KTP Elektronik atau dilampiri fotokopi Surat Keterangan, menggunakan Surat Pernyataan dengan format 1 orang pendukung 1 surat pernyataan, sedangkan untuk Formulir B.1.1-KWK Perseorangan dan Formulir Model B.2-KWK Perseorangan dibubuhi tandatangan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, dibubuhi Materai, dan dicetak dari Silon” jelas Ari Mustofa menjawab pertanyaan tentang keabsahan tandatangan pendukung pada Formulir Model B.1-KWK Perseorangan