Account
Please wait, authorizing ...
×

Jakarta (21/9), Konsolidasi Nasional (Konsolnas) 2019 yang diselenggarakan oleh KPU-RI juga berlangsung di Hotel Grand Sahid Jakarta. Peserta di tempat ini berasal dari seluruh KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota se-Indonesia Divisi Hukum dan Pengawasan.

Pesan yang sangat penting disampaikan oleh Komisioner KPU-RI Bpk. Hasyim Asy'ari yang menekankan pentingnya divisi ini, selalu bekerja dengan tetap mempedomani peraturan dan Undang-Undang yang berlaku. Selain itu Beliau juga menjelaskan tiga tujuan mewujudkan pemilu atau pemilihan berintegritas yakni bekerja sesuai kerangka hukum pemilu (UU, PKPU, Perbawaslu), menjalankan proses pemilu (tahapan pemilu) serta penegakan hukum pemilu.

Kaitannya dengan Tahapan Pemilihan 2020 Bpk. Hasyim meminta jajarannya untuk mengantisipasi potensi masalah dan pelanggaran yang kerap muncul seperti akurasi daftar pemilih, tata kelola keuangan, syarat pencalonan, potensial paslon tunggal, kampanye pada masa dan tempat dilarang, dana kampanye dan politik uang, penyalagunaan wewenang petahana serta kesiapan TPS dan kesehatan penyelenggara.

"Dan PKPU 8 Tahun 2019, menyatakan bahwa divisi hukum dan pengawasan mempunyai tugas mengoordinasikan, menyelenggarakan, mengendalikan, memantau, supervisi dan evaluasi terkait dengan kebijakan pengawasan dan pengendalian internal, penanganan pelanggaran administrasi, kode etik, serta kode perilaku", tutur Bpk. Hasyim