Account
Please wait, authorizing ...
×

Banyuwangi (13/2), KPU Kabupaten Banyuwangi mengadakan rapat koordinasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 dengan mengundang forkopimda dan juga camat se-Kabupaten Banyuwangi.  

Dalam sambutannya saat membuka acara, Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini Rahman mengatakan bahwa ada beberapa pembahasan untuk rakor pada hari ini diantaranya adalah persiapan sekretariat PPK, persiapan pelaksanaan penyerahan syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, dan persiapan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih. Oleh karenanya kami berharap masukan dari seluruh stakeholder agar pelaksanaan tahapan nantinya berjalan dengan lancar.

Dian Purnawan selaku Ketua Pokja Pembentukan Badan Adhoc mengatakan bahwa beberapa hari yang lalu KPU Banyuwangi telah selesai melaksanakan tahapan tes wawancara terhadap PPK untuk selanjutnya diumumkan 10 nama berdasarkan peringkat 1 s/d 10. Pengumuman hasil tes wawancara sesuai dengan tahapan yakni pada tanggal 15 – 21 Februari 2020. Pengumuman ini masih bersifat sementara karena masih ada tahapan tanggapan masyarakat tahap II yang dapat merubah keputusan pada 15 Februari ini. Setelah adanya tanggapan masyarakat tahap II barulah dapat diputuskan siapa yang berhak menduduki jabatan PPK. Lima besar ini akan dilantik pada 29 Februari 2020. Selanjutnya dikonfirmasi terpisah terkait dengan sekretariat PPK, Dian Purnawan mengatakan bahwa “PPK terpilih nantinya akan dibatu oleh sekretariat  PPK yang terdiri dari 3 orang, salah satunya adalah Sekretaris. Oleh karena itu kami berharap kepada seluruh Camat Se-Kabupaten Banyuwangi agar menyiapkannya paling lambat pada tanggal 7 Maret 2020 mendatang”.

Ari Mustofa selaku Anggota KPU Banyuwangi Divisi Teknis Penyelenggara menyampaikan beberapa hal yaitu tentang Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di bulan Februari 2020 ini tidak hanya Pembentukan PPK, tetapi berlanjut pada Pembentukan PPS yang pengumuman Penerimaan Calon Anggota PPS berlangsung bersamaan dengan masa pengumuman hasil tes wawancara PPK dimulai pada tanggal 15 Februari 2020. “KPU Kabupaten Banyuwangi dalam menyelanggarakan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020, akan dibantu oleh penyelenggara di beberapa tingkatan diantaranya PPK, PPS, dan KPPS. Selain itu kami juga akan dibantu oleh PPDP melakukan pemutakhiran data pemilih untuk 2860 TPS.

Disampaikan juga oleh Ari Mustofa terkait pencalonan perseorangan bahwa sampai saat ini sudah ada dua bakal pasangan calon yang sudah meminta akun Sistem Informasi Pencalonan (SILON) melalui surat mandat yang didalamnya berisi tentang Profil Bakal Pasangan Calon Perseorangan. Dua Bakal Pasangan Calon tersebut adalah Purnomo - Suminto dan Satiyem alias Bunda Ratu Satiyem - Sunaryanto