Account
Please wait, authorizing ...
×

Banyuwangi (6/2), KPU Banyuwangi mengadakan kegiatan sosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati banyuwangi tahun 2020 di Hore Kopi & Apresiasi Kelurahan Tukangkayu – Banyuwangi bersama kawan-kawan disabilitas.

Kegiatan ini merupakan rangkaian sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Banyuwangi dalam rangka mensosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 dimana pemungutan suara di TPS sesuai tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020.

“Kegiatan ini selain bertujuan untuk mensosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 juga bertujuan menggali informasi terkait kendala yang dialami oleh kawan-kawan disabilitas pada saat hari pemungutan suara di TPS Pemilu sebelum-sebelumnya”, jelas Dian Purnawan selaku Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM

“Kendala yang dialami oleh kawan-kawan silahkan disampaikan saja di forum ini saat sesi tanya jawab nanti, hal ini penting bagi kami sebagai bahan evaluasi dan perbaikan sebelum dan pada saat pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020”, tambah Dian Purnawan.

Saat sesi tanya jawab Bpk. Imam (difabel dari manggisan) menyampaikan terimakasihnya karena telah diundang dalam kegiatan sosialisasi ini. Salah satu unek-uneknya yakni terkait Template yang merupakan satu hal yang penting bagi kawan-kawan disabilitas saat penyelenggaraan pemilu, oleh karenanya template yang tersedia di TPS diharapkan dapat terbaca dengan baik.

Satu hal yang menarik disampaikan oleh Bpk. Untung yang menyatakan keinginannya agar dapat ikut serta sebagai penyelenggara Pemilihan. Hal ini ditanggapi langsung oleh Bpk. Dian Purnawan yang menjelaskan bahwa kawan-kawan disabilitas dapat ikut serta menjadi penyelenggara Pemilihan dengan syarat telah memenuhi persyaratan administrasi seperti usia, ijazah, dll.

Menjawab unek-unek dari Bpk. Imam, Dian Purnawan yang didampingi oleh Eko Sumanto (Divisi Program, Data, dan Informasi) akan berusaha untuk menjaga dengan baik template yang dikirim ke semua TPS dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020.

Dian Purnawan dalam penjelasannya mengatakan bahwa KPU Banyuwangi akan menginstruksikan jajarannya sampai tingkat TPS untuk melakukan pendataan yang valid terhadap kawan-kawan disabilitas. Hal ini bertujuan untuk memberikan aksesibilitas yang mudah dan baik mulai dari akses menuju ke TPS,  akses didalam TPS sampai dengan akses memberikan hak pilihnya. “Salah satu komitmen KPU Banyuwangi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 adalah memberikan kemudahan dan kesetaraan kepada seluruh masyarakat BWI agar dapat menyuarakan hak pilihnya untuk bisa memilih calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi sesuai pilihannya pada 23 September 2020.