Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

  • PARPOL PESERTA PEMILU TAHUN 2019
    PARPOL PESERTA PEMILU TAHUN 2019
  • Peta Dapil & Alokasi Kursi DPRD Kab. Banyuwangi Pemilu Tahun 2019
    Peta Dapil & Alokasi Kursi DPRD Kab. Banyuwangi Pemilu Tahun 2019
  • Infografis Pemillu Tahun 2019 di Kabupaten Banyuwangi
    Infografis Pemillu Tahun 2019 di Kabupaten Banyuwangi

WILDA KUMALASARI, RELAWAN DEMOKRASI TERBAIK SE JATIM

Print PDF

Magetan. Dalam kegiatan Rapat Kordinasi Evaluasi Partisipasi Masyarakat pada Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jatim di Magetan (5-6 Juli 2019), terpilih tiga Relawan Demokrasi terbaik Se Jawa Timur pada Pemilu tahun 2019. Tiga Relasi tersebut berkesempatan langsung memaparkan pengalamannya ketika bertugas sebagai Relawan dikala itu. Banyak kegiatan, program dan strategi yang digunakan oleh mereka ketika harus langsung bertatapan dengan masyarakat di wilayahnya dibalik minimnya anggaran dalam sosialisasi yang diperuntukan oleh mereka. Tiga Relasi tersebut adalah Wilda Kumalasari (Kota Malang), Muhammad Zamzuri (Trenggalek) dan Isnah Khoirunnisa Azzahro (Bojonegoro).

Wilda, begitu sapaannya, gadis cantik berkerudung yang

merupakan Relasi asal Kota Malang ini, sangat jelas memaparkan pengalamannya ketika Blusukan ke masyarakat. Ia malam itu menjelaskan didepan anggota KPU Provinsi Jatim beserta Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Kab/Kota Se Jatim terlihat sangat menarik, bagaimana tidak, tema yang digunakan olehnya adalah "Strategi Blusukan dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Kota Malang. Ia harus berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain untuk menjalankan misinya mensosialisasikan tentang Pemilu 2019. Laporan secara berjenjang terus ia sampaikan ke KPU Kota Malang sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan program selanjutnya.

 

Bapak Gogot Cahyo Baskoro selaku Ketua Divisi Sosdiklih Parmas mengingatkan kepada seluruh peserta Rakor bahwa "Semua anggota KPU Kab/Kota Divisi Sosdiklih Parmas yang hadir diharapkan untuk menerapkan sistem ATM, yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Kita diharapkan mengamati dengan baik apa yang disampaikan oleh Relasi tersebut, Tiru kebaikan yang disampaikan, Modifikasi yang artinya selalu berusaha berinovasi dan mengembangkan lebih baik apa yang telah dipaparkan tersebut.

Wilda,  tentunya bukan satu-satunya Relawan Demokrasi terbaik. Masih banyak diluar sana Relawan Demokrasi yang telah mengabdi sepenuh hati agar partisipasi masyarakat di Jawa Timur tetap meningkat, bahkan telah melebihi 13% dari target pencapaian Nasional.

KPU Kabupaten Banyuwangi juga memiliki beberapa Relasi dikala itu, yang tentunya pula telah berjuang mengabdi dalam pesta Demokrasi lima tahunan ini. Walaupun Relasi dari Banyuwangi belum terpilih menjadi Relasi terbaik, Melalui pemaparan Wilda dan kawan-kawan tersebut menjadikan KPU Banyuwangi dan Kab/Kota lainnya terus mengevaluasi apa yang telah dikerjakan sebelumnya agar dapat terus meningkatkan kualitas kinerja menjadi lebih baik, khususnya pada Relawan Demokrasi selanjutnya. (Divisi Sosdiklih Parmas & SDM KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita WILDA KUMALASARI, RELAWAN DEMOKRASI TERBAIK SE JATIM