Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

  • PARPOL PESERTA PEMILU TAHUN 2019
    PARPOL PESERTA PEMILU TAHUN 2019
  • Peta Dapil & Alokasi Kursi DPRD Kab. Banyuwangi Pemilu Tahun 2019
    Peta Dapil & Alokasi Kursi DPRD Kab. Banyuwangi Pemilu Tahun 2019
  • Infografis Pemillu Tahun 2019 di Kabupaten Banyuwangi
    Infografis Pemillu Tahun 2019 di Kabupaten Banyuwangi

KPU JATIM SELENGGARAKAN RAKOR EVALUASI PARTISIPASI MASYARAKAT PEMILU 2019

Print PDF

Magetan. (05/07), Hari ini Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Rapat Kordinasi Evaluasi Partisipasi Masyarakat (PARMAS) pada Pemilu 2019. Pada acara tersebut KPU Jatim menghadirkan Anggota KPU Kab/Kota Se-Jatim khususnya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM serta 1 orang Kasubag.

Choirul Anam selaku Ketua KPU Provinsi Jatim dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa "Tingkat Parmas di Jatim sampai saat ini selalu besar, baik di Pilgub maupun Pemilu 2019,  Bahkan pada Pemilu 2019 kemarin menjadi Partisipasi Masyarakat terbaik pasca Reformasi".

Beliau menambahkan "Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM sangat berperan penting dalam proses Pemilu, baik menginformasikan seluruh tahapan, mengabarkan berita akurat atau menangkal berita Hoax dan lain-lain yang tujuannya adalah untuk Pemilu yang berkualitas".

Seperti diketahui bahwa tingkat Partisipasi Masyarakat di Kabupaten Banyuwangi pada Pemilu masih tergolong cukup baik. Pada Pemilu 2014 tingkat Partisipasi Masyarakat 71,07%, sedangkan pada Pemilu 2019 tingkat Parmas menjadi 76,08% atau naik 5,01%.

Pada Tahun 2020 nanti, Banyuwangi akan menyelenggakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Tahapan akan segera berjalan beberapa bulan kedepan.

Dian Purnawan selaku anggota KPU Banyuwangi Divisi Sosdiklih Parmas & SDM mengatakan disela-sela acara tersebut bahwa "Tingkat Parmas di Banyuwangi pada Pilbup 2015 cukup rendah, yaitu sebesar 59,21%, maka kita punya tugas besar kedepan untuk bisa meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Kabupaten Banyuwangi agar semakin meningkat, khususnya pada Pilbup 2020".

Kegiatan  Rakor tersebut diselenggarakan selama 2 hari di Harmadha Joglo Magetan. Acara diadakan dalam beberapa sesi, yang dipimpin oleh Bapak Gogot selaku Anggota KPU Provinsi Jatim Divisi Sosdiklih Parmas. Saat ini acara masih berlangsung dan berakhir sampai besok siang. (Divisi SDM, Parmas & Sosdiklih KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita KPU JATIM SELENGGARAKAN RAKOR EVALUASI PARTISIPASI MASYARAKAT PEMILU 2019