Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Rapat Persiapan Pelaksanaan Kampanye untuk Rapat Umum Bagi Peserta Pemilu Tahun 2019

Print PDF

Banyuwangi (13/3), Rapat Persiapan Pelaksanaan Kampanye untuk Rapat Umum Bagi Peserta Pemilu Tahun 2019 diselenggarakan di Banyuwangi Resto. Rapat tersebut adalah koordinasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait seperti Kapolres, Satpol PP, Lanal, Kodim, Bakesbangpol, Kapolsek, Bawaslu dan Kodim. Forkopimda tersebut dihadirkan untuk membahas kampanye rapat umum terkait dengan zona/wilayah yang tidak diijinkan untuk melaksanakan kampanye rapat umum.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Ketua KPU, Bapak Syamsul Arifin. Beliau menyatakan, pada tanggal 1 April 2019 surat suara presiden dan legislatif akan didistribusikan di seluruh kecamatan di kabupaten Banyuwangi. Beliau juga mengatakan bahwa kampanye rapat umum adalah rapat terbuka yang dilaksanakan 14 (empat belas) hari menjelang hari tenang. Sementara kampanye di media elektronik adalah 21 (dua puluh satu) hari menjelang masa tenang. Sehubungan dengan hal tersebut, KPU ingin meminta masukan dari Forkopimda setempat untuk menentukan zona kampanye rapat umum.

Kemudian secara lebih rinci Bapak Jamalludin selaku Divisi SDM, Parmas & Sosdiklih meminta masukan kepada Forkopimda untuk berupaya agar adil dan meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Karena Banyuwangi berpatok pada zona DPRD. Terkait dengan ini maka jumlah pelaksanaan rapat umum tiap partai politik adalah 2 (dua) kali. Sementara itu, beliau juga meminta masukan terkait dengan fokus titik kampanye dan perizinan.

Bapak Kohar (Baskebangpol) mengatakan, harus ada Surat Keputusan (SK) untuk tim kampanye. Karena jika tidak ada SK maka tidak ada yang mobilisasi masa dan relawan. Terkait ini, dalam Peraturan Daerah sudah diatur mengenai tempat terbuka yang dapat dilaksanakan untuk kampanye rapat umum diantaranya, lapangan, stadion, dan alun-alun. Tetapi hal ini belum mendapatkan penguatan lagi. Kemudian terkait kampanye akbar, harus disiapkan legalitasnya agar tertib. Beliau juga menyatakan, tanggal 24 maret 2019 sudah di plot untuk masing-masing pasangan calon dan rencana tempat untuk kampanye.

Saran selanjutnya disampaikan oleh Bapak Sumartono (Polres Banyuwangi). Beliau menyarankan, sebaiknya KPU sudah mempunyai rencana tempat untuk kampanye rapat umum. Kemudian rencana tersebut diajukan kepada pemerintah kabupaten (pemkab). Sehingga PEMKAB dapat menentukan zona yang dilarang. Beliau menambahkan, Polres Banyuwangi sudah menyiapkan 850 personil untuk pengamanan.

Kemudian Beliau mengatakan, pada masa kampanye akan diselenggarakan patroli skala besar yang diikuti oleh Polri dan Satpol PP. Pada masa tenang, Bawaslu meminta Satpol PP untuk menurunkan APK dengan didampingi oleh Polisi. Serta pada masa coblos berencana untuk mengadakan simulasi coblos pada tanggal 20 Maret 2019.

Jadi kesimpulan dari koordinasi ini adalah, Bapak Jamalludin menyetujui untuk mengajukan zona tempat kampanye rapat umum kepada Bupati Banyuwangi, agar PEMKAB dapat menentukan zona untuk kampanye. (Novita.K.W Staff KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Rapat Persiapan Pelaksanaan Kampanye untuk Rapat Umum Bagi Peserta Pemilu Tahun 2019