Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Antusias Santri Blokagung Dalam Mengikuti Sosialisasi

Print PDF

Jumlah pemilih pemula yang signifikan di Kabupaten Banyuwangi merupakan dasar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi untuk melaksanakan sosialisasi di Ponpes Darussalam. Sosialisasi yang dihadiri oleh santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Darussalam, Bapak Andrianus Yansen Pale (Bawaslu Banyuwangi), Bapak Syaiful Salam (DISPENDUKCAPIL), Bapak Syamsul Arifin (Ketua KPU), Bapak Suherman (Komisioner Divisi teknis) serta Bapak Jamalludin (Komisinoner Divisi SDM, Parmas & Sosdik) bertujuan agar satriwan dan santriwati mendapatkan pendidikan pemilih sebagai pemilih pemula.

Bapak Syaiful Salam menghimbau, satriwan dan santriwati yang sudah berusia 17 (tujuh belas) tahun untuk membuat KTP elektronik. Karena jika sudah mempunyai KTP-el maka bisa mencoblos.

Sementara Bawaslu memberikan pengetahuan tentang pendidikan pemilih kepada anak-anak agar peduli terhadap pemilihan umum dan tidak antipati kepada politik. Sekelumit peran Bawaslu juga dijelaskan agar siswa-siswi mengetahui kedudukan Bawaslu dalam mengawasi pemilu. Bawaslu menghimbau kepada  anak-anak untuk proaktif. Jika pada tgl 17 april 2019 menemukan pelanggaran, bisa dilaporkan kepada pengawas TPS. Beliau berpesan, “pemilu tinggal 41 (empat puluh satu) hari lagi. Jangan lupa datang ke tps untuk mencoblos.”

Di akhir sosialisasi, Bapak Jamalludin menunjukkan specimen surat suara pemilu tahun 2019 dengan menjelaskan masing-masing surat suara, warna surat suara, dan tata cara mencoblos. Hal ini untuk dalam rangka memberikan pendidikan pemilih dan menanamkan kesadaran bahwa pemilu itu penting, sebagai upaya mengamalkan UUD 1945. (Novita.K.W Staff KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Antusias Santri Blokagung Dalam Mengikuti Sosialisasi