Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

JADI PEMILIH RASIONAL DI ERA MILLENNIAL

Print PDF

Banyuwangi, kpud-banyuwangikab.go.id – Pesatnya arus teknologi informasi dengan beragam metode atau cara seharusnya mampu membuat Pemilih menjadi rasional dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. Demikian dikatakan oleh Rektor Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Banyuwangi, Dr. Andang Subaharianto, M.Hum pada sambutannya dalam acara Sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2019 Pemilih Pemula, yang dilaksanakan di Auditorium UNTAG, Jumat (1/3).

Andang Subaharianto mengatakan di era millennial yang kaya akan sumber informasi dari beragam media utamanya melalui internet, pemilih dapat mengetahui segala program kerja, visi, misi dari peserta Pemilu, untuk selanjutnya bisa menjadi referensi Pemilih sehingga saat menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 menggunakan rasionalitasnya berdasarkan referensi yang dibaca, dilihat ataupun didengar.

“Minimal kita mengetahui dari Google, agar kita menjadi rasional” kata Andang Subaharianto.

Andang Subaharianto menjelaskan, untuk mewujudkan itu semua masing-masing institusi/lembaga harus bekerja keras agar masyarakat  menjadi simpatik dan sadar berdemokrasi sehingga Pemilu menjadi bermakna sebagaimana asas kedaulatan rakyat yang dianut oleh Negara Indonesia. Ia mencontohkan, KPU sebagai penyelenggara harus memastikan bahwa Pemilih menjadi sadar akan partisipasinya dalam menggunakan hak memilih, sedangkan untuk Partai Politik menjadi institusi ujung tombak agar masyarakat menjadi sadar berpolitik, sebab menurut Andang politik bukanlah sesuatu yang negatif dan kotor citranya jika kehidupan berpolitik di negara Indonesia benar-benar diwujudkan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort Banyuwangi (Polres) yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Bagian Operasi Polres Banyuwangi, Komisaris Polisi (Kompol) Sumartono, SH menyatakan pemilih tidak perlu khawatir dan ragu untuk menggunakan hak pilihnya, sebab dengan kekuatan personil Polri yang dikerahkan telah dirancang agar penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Banyuwangi berjalan aman, lancar dan kondusif.

Senada dengan hal itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi, Adrianus Yansen Pale mengatakan, pemilih pemula dapat berperan aktif dalam hal pengawasan Pemilu yang partisipatif dengan menyampaikan dugaan pelanggaran melalui perangkat elektronik yang tersedia. Menurutnya semangat UU Penyelenggaraan Pemilu mampu menjamin peran aktif seluruh masyarakat tanpa harus takut intimidasi, memberikan rasa aman dan rahasia dalam hal pengawasan.

Pada sosialisasi Pemilu Tahun 2019, KPU Kabupaten Banyuwangi yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Banyuwangi (Penanggungjawab Divisi SDM, Parmas dan Sosdik), Jamaludin menjelaskan tentang specimen surat suara Pemilu Tahun 2019. Jamaludin menerangkan dari sebanyak 5 (lima) surat suara yang akan diterima Pemilih saat pemungutan suara 17 April 2019 nanti, pemilih dapat mengenalinya dari kode warna yang tersedia yaitu Abu-Abu untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Kuning untuk Pemilu DPR RI, Merah untuk Pemilu DPD RI, Biru untuk Pemilu DPRD Provinsi, dan Hijau untuk Pemilu DPRD Kabupaten/Kota.

Kegiatan Sosialisasi Pemilu Tahun 2019 tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa lengkap mengenakan jas almamater universitas. Sebelum paparan disampaikan didahului dengan menyanyikan mars Pemilu dan mars UNTAG. Para peserta (Pemilih Pemula) juga disuguhkan dengan beragam video sosialisasi yang menarik agar Pemilih pemula menjadi paham dan mudah untuk menyerap informasi kepemiluan dengan metode audio visual. (PNJ/Hupmas KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita JADI PEMILIH RASIONAL DI ERA MILLENNIAL