Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Divisi SDM & Parmas Menyelenggarakan Bimtek Rekrutmen Pembentukan KPPS

Print PDF

 

Banyuwangi, (27/2) bertempat di aula kantor KPU Kabupaten Banyuwangi. Bapak Jamalludin penanggungjawab divisi SDM & Parmas melaksanakan Bimtek Pembentukan KPPS Pemilihan Umum Tahun 2019. Bimtek yang bertujuan untuk memberikan bimbingan perekrutan KPPS kepada PPK Se-Kabupaten Banyuwangi dan anggota PPK Divisi SDM & Parmas ini turut dihadiri oleh Bapak Edi Syaiful Anwar. Beliau adalah anggota KPU Banyuwangi divisi hukum & pengawasan.

Bapak Edi mengatakan, “pemilu tahun 2019 semakin dekat, PPK harus aktif dalam menjalani tugas.”

Adapun kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Jamalludin, beliau menjelaskan hal-hal pokok tahapan pembetukan KPPS diantaranya, regulasi & jadwal waktu, mekanisme rekruitmen, fasilitasi anggaran, persyaratan, penetapan, pengucapan sumpah janji, hingga bimtek dan masa kerja.

Bapak Jamalludin menyatakan, Berdasarkan pasal 57 Huruf B UU Nomor 7 tahun 2017, PPS berwenang membentuk KPPS. Selain itu, regulasi dan jadwal waktu pembentukan KPPS harus disinkronkan dengan data dan informasi.

Beliau berharap PPK dapat memahami prosedur pembentukan KPPS dan dapat mentransfer pengetahuanya kepada PPS. Selanjutnya PPS dapat membagikan pengetahuan yang didapat kepada KPPS.

Selanjutnya, tahapan rekrutmen KPPS dimulai pada tanggal 28 Februari 2019 s/d 27 Maret 2019. Rekrutmen tersebut dilaksanakan secara terbuka dan diumumkan di kantor desa. Bapak Jamalludin dan PPK sepakat, pelantikan KPPS paling lambat diselenggarakan pada tanggal 10 April 2019. Adapun tahapan detail rekrutmen KPPS diantaranya; seleksi terbuka, penerimaan pendaftaran, penelitian administrasi, serta wawancara. Beliau menegaskan, “pastikan KPPS tidak mengundurkan diri pada hari H pelaksanaan pemilu dan dapat mengerjakan tugas dengan tuntas.” Jadi calon KPPS harus menyertakan surat pernyataan kemampuan. (Novita.K.W Staff KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Divisi SDM & Parmas Menyelenggarakan Bimtek Rekrutmen Pembentukan KPPS