Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Langkah Yang Benar Untuk Mencoblos Pada Pemilihan Umum Tahun 2019

Print PDF

Banyuwangi, (21/2) pada talk show di Radio GBS Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Bapak Jamalludin (Divisi SDM & Parmas) menjelaskan tata cara mencoblos yang benar. Agar masyarakat Banyuwangi dapat memberikan hak suara pada pemilu tahun 2019.

Beliau berkata, terdapat 5 (lima) warna dan jenis surat suara yang berbeda diantaranya, surat suara Presiden/Wakil Presiden berwarna abu-abu, surat suara DPR RI berwarna kuning, surat suara DPD RI berwarna merah, surat suara DPRD Provinsi berwarna biru, dan surat suara DPRD Kabupaten/kota berwarna hijau. Adapun perbedaan surat suara tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam memilih.

Prosedur sebelum memilih hingga ke TPS pun juga dijelaskan oleh Bapak Jamalludin. Sebelum mencoblos, pastikan masyarakat sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), masyarakat yang terdaftar dalam DPT akan mendapat formulir C6 untuk hadir di tempat pemungutan suara (TPS), kemudian mengisi daftar hadir di TPS, lalu antri dan diberi surat suara oleh petugas, lalu masuk ke bilik suara untuk mencoblos. Dalam hal ini, KPU memberikan peraturan bahwa setiap TPS mempunyai 300 orang DPT.

Beliau menyatakan, surat suara yang bergambar adalah surat suara Presiden/Wakil Presiden dan DPD.

Dalam pemilu tahun 2019 ini satu orang mempunyai hak satu suara, atau lebih dikenal dengan one man one vote. Jadi tidak ada intervensi dari pihak lain untuk memilih.

Pesan Bapak Jamalludin, “hafalkan partai dan nomor urut calon agar dapat mencoblos dengan benar.” Sedangkan durasi untuk mencoblos di TPS yaitu 10 (sepuluh) menit.

Beliau juga memberi pesan kepada masyarakat Banyuwangi, bahwa memilih tidak bisa merubah keadan kita. Tetapi dengan memilih Presiden/Wakil Presiden dan wakil-wakil rakyat pada pemilu tahun 2019 dapat merubah keadaan langsung dari atas (kebijakan pusat). Maka dari itu mencoblos itu keren dan wajib. Karena durasi 10 (sepuluh) menit dapat menentukan nasib Indonesia 5 (lima) tahun mendatang. (Novita.K.W Staff KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Langkah Yang Benar Untuk Mencoblos Pada Pemilihan Umum Tahun 2019