Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Divisi SDM & Parmas Optimis Partisipasi Masyarakat Akan Meningkat Pada Pemilu Tahun 2019

Print PDF

 

Banyuwangi, (21/2) Talk Show dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun 2019 di Radio GBS Glagah, Banyuwangi dibawakan oleh Bapak Jamalludin, sebagai penanggungjawab Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) & Partisipasi Masyarakat (Parmas). Talk Show yang membahas tentang kewajiban tiap warga negara Indonesia untuk menentukan pemimpin dan wakil-wakil rakyat pada pemilu tahun 2019 dimulai dengan penjelasan gambaran umum pemilu mulai tahun 2014 sampai dengan 2019.

Penanggung jawab Divisi SDM & Parmas menyatakan, pada pemilu tahun 2014 hanya mencoblos satu suara saja. Pemilu tahun 2015 memilih Bupati/Wakil Bupati. Sedangkan pada tahun 2018 memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, serta pada tahun 2019 masyarakat akan memilih presiden dan wakil presiden serta wakil-wakil rakyat diataranya; DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi pemilih.

Beliau berkata, daftar pemilih tetap (DPT) di Banyuwangi sebanyak 1.317.581 orang. Sehingga Banyuwangi tergolong Kabupaten yamg mendapat perhatian khusus karena mempunyai jumlah DPT yang besar.

Bapak Jamalludin optimis, animo masyarakat dalam pemilu tahun 2019 semakin meningkat. Karena beliau yakin, masyarakat Banyuwangi semakin cerdas, ilmu pengetahuan, dan pendidikannya semakin bagus. Sehingga Bapak Jamalludin yakin masyarakat yang cerdas pasti bisa menentukan pemimpin yang baik pada pemilu tahun 2019.

Hal tersebut juga dapat dilihat dari fakta pemilu pada tahun sebelumnya, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018, partisipasi masyarakat meningkat sebesar 5%, dari pemilihan Bupati/Wakil Bupati, yaitu jatuh pada angka 64,74 %. Maka Penanggungjawab Divisi SDM & Parmas yakin, partisipasi masyarakat pada pemilu tahun 2019 akan meningkat.

Bapak Jamalludin menyampaikan, setiap warga negara Indonesia mempunyai kewajiban untuk menentukan nasib negaranya pada pemilihan umum tahun 2019. Karena pemilu merupakan bagian dari kedaulatan rakyat. Kedaulatan rakyat merupakan salah satu bentuk negara berdaulat. Negara berdaulat, rakyat kuat. Jadi pastikan untuk memberikan hak suara pada hari Rabu, Tanggal 17 April tahun 2019. (Novita.K.W Staff KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Divisi SDM & Parmas Optimis Partisipasi Masyarakat Akan Meningkat Pada Pemilu Tahun 2019