Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Pengukuhan Relawan Demokrasi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019

Print PDF

BANYUWANGI, Senin (21/1) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan Pengukuhan Relawan Demokrasi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua KPU Banyuwangi yakni, Bapak Syamsul Arifin, serta 3 (tiga) Anggota KPU diantaranya Bapak Jamalludin, Bapak Suherman, dan Bapak Edi Syaiful Anwar serta Relawan Demokrasi Se-Kabupaten Banyuwangi. Pengukuhan tersebut adalah pra-bimtek sekaligus mapping 10 (sepuluh) basis relawan demokrasi (relasi).

Pengukuhan dimulai dengan Pembacaan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi yang dibacakan oleh Bapak Edy Syaiful Anwar. Berdasarkan surat keputusan tersebut, KPU mengangkat 55 (lima puluh lima) relawan demokrasi Se-Kabupaten Banyuwangi.

Setelah pengukuhan dilaksanakan, Bapak Syamsul Arifin memperkenalkan 4 (empat) Anggota KPU dan menjelaskan secara singkat mengenai divisi yang diemban oleh ke-4 (empat) Anggota KPU tersebut.

Bapak Syamsul Arifin mengatakan, “Jika demokrasi sukses, maka salah satu elemen yang berkontribusi besar adalah relasi.” Relasi wajib merubah mindset masyarakat bahwa mencoblos itu mudah. Selain itu, relasi harus mensosialisasikan 5 (lima) jenis surat suara dan memberi penjelasan mengenai tata cara mencoblos yang benar. Karena masih banyak masyarakat yang belum paham. Beliau juga berpesan, “agar relasi segera berkenalan dengan PPS dan PPK di kecamatan masing-masing.”

Bapak Edi Syaiful Anwar menambahkan, “relasi sebaiknya mempunyai konsep yang baik untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu. Karena suksesi pemilu dilihat dari meningkatnya partisipasi pemilih.”

Kegiatan pengukuhan tersebut ditutup oleh Bapak Jamalludin yang khusus membidangi Sosialisasi & Parmas. Beliau memberi materi tentang tujuan program relasi, 10 (sepuluh) basis pemilih, dan mekanisme kerja relasi. Disamping itu, beliau juga mengelompokkan relasi berdasarkan basis agar memenuhi keterwakilan basis, yakni minimal 4 (empat) relasi per basis. (Novita.K.W Staff KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Pengukuhan Relawan Demokrasi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019