Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Rakor Sinkronisasi dan Pemantapan Titik Lokasi APK Pemilu Tahun 2019

Print PDF

Banyuwangi, Kamis (4/10), Rapat Koordinasi (Rakor) Sinkronisasi dan Pemantapan Titik Lokasi Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu Tahun 2019” diselenggarakan di Aula KPU Kabupaten Banyuwangi pada pukul 15.00 WIB. Instansi/lembaga yang hadir dalam Rakor tersebut diantaranya; Tim Pelaksana Kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden, Tim Kampanye Partai Politik, Peserta Pemilu Perseorangan (DPD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Satpol PP. Rakor ini dipimpin oleh Bapak Syamsul Arifin (Ketua KPU Banyuwangi) dan Bapak Jamalludin sebagai Ketua Divisi SDM & Parmas. Tujuan dari Rakor tersebut adalah agar partai politik dan lembaga/instansi yang terkait dengan pelaksanaan pemilu mempunyai kesepakatan bersama perihal peraturan pemasangan APK,  ukuran APK dan titik lokasi pemasangan APK.

Bawaslu menegaskan, “Pemasangan APK tersebut harus sesuai dengan PKPU Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum serta Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banyuwangi. Tugas Bawaslu adalah mengawasi seluruh tahapan pemilu, melakukan sinkronisasi dengan Perda, mewujudkan keadilan agar tidak terjadi konflik antar peserta pemilu, dan memberi ruang kepada caleg agar tidak terlalu dibatasi.

Selain itu, hal pokok yang dibahas dalam Rakor ini adalah, KPU akan memberikan fasilitas 10 baliho dan 16 spanduk kepada setiap peserta pemilu Se-Kabupaten Banyuwangi. Ukuran yang telah disepakati yaitu, 3 m x 4 m untuk bentuk baliho, sedangkan untuk bentuk spanduk yaitu 1,25 m x 6 m.

Pembahasan selanjutnya ialah, menentukan titik APK di jalan utama Kabupaten Banyuwangi, yaitu dari wilayah Politeknik Banyuwangi ke timur dan akses ke Bandara Blimbingsari, yaitu dari Kantor Pos ke timur. Ini merupakan hal yang utama, agar tidak terjadi konflik antara peserta pemilu dan Pemerintah Banyuwangi.

Bapak Kohar dari Baskebangpol menyatakan, “selama masa kampanye, peserta pemilu harus berkoordinasi dengan Bawaslu.” Pemasangan APK diutamakan pada titik-titik yang krusial, karena Kabupaten Banyuwangi mempunyai 25 Kecamatan yang sangat luas. Di samping itu, karena ini even nasional, jadi harus didukung penuh. Beliau menambahkan,”Jika terjadi gesekan atara Satpol PP dan peserta pemilu, maka harus ada mediasi.”

Rakor tersebut ditutup dengan Penandatangan Berita Acara Nomor 37/PP.05.3-BA/3510/KPU-Kab/X/2018 Tentang Kesepakatan titik lokasi pemasangan Alat peraga kampanye (APK) Pemilihan umum tahun 2019 Kabupaten banyuwangi dan diketahui Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. (Novita.K.W Staff KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Rakor Sinkronisasi dan Pemantapan Titik Lokasi APK Pemilu Tahun 2019