Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

KPU Banyuwangi Tetapkan DCS Anggota DPRD Kabupaten Pemilu 2019

Print PDF

kpud-banyuwangikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi (KPU Banyuwangi), Sabtu (11/8), telah menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi (DPRD Kabupaten) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.

Penetapan DCS tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi Nomor: 25/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/VIII/2018 tentang Penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

Jumlah Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi pada Pemilu Tahun 2019 yang ditetapkan sebanyak 592 (lima ratus sembilan puluh dua) Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi.

Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin mengatakan, setelah ditetapkan menjadi DCS maka tahapan selanjutnya adalah dilakukan uji publik dimana pada tahapan tersebut Masyarakat dapat menyampaikan Masukan dan Tanggapan atas DCS Anggota DPRD Kabupaten dimulai pada tanggal 12 Agustus 2018 sampai dengan 21 Agustus 2018.

Menurut Syamsul, Tahapan Masukan dan Tanggapan Masyarakat atas DCS Anggota DPRD Kabupaten sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 merupakan bagian penting, sebab calon Anggota DPRD Kabupaten harus siap diuji oleh masyarakat terkait rekam jejak menyangkut persyaratan Calon Anggota DPRD Kabupaten sesuai dengan UU No. 7 Tahun 2018 dan Peraturan KPU No. 20 Tahun 2018.

“Anggota DPRD Kabupaten merupakan pejabat yang akan mengatur tata kehidupan masyarakat di daerah melalui kebijakannya dalam penyusunan Peraturan Daerah (Perda), sehingga sebelum menjadi pejabat yang terpilih maka yang bersangkutan harus siap dan legowo untuk dilakukan diuji publik ke masyarakat” kata Syamsul Arifin.

Sebelum dilakukan penetapan DCS melalui Surat Keputusan, petugas penghubung/liaison officer (LO) dan operator Sistem Informasi Pencalonan (SILON) Partai Politik melakukan sinkronisasi terhadap data Calon yang tercantum dalam Rancangan DCS meliputi nomor urut, foto, nama calon, gelar, jenis kelamin, alamat (desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten) berdasarkan Formulir Daftar Calon (Model B.1) yang telah diserahkan ke KPU Banyuwangi pada masa pengajuan daftar calon           (4 Juli s.d 17 Juli 2018) dan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti anggota DPRD Kabupaten (22 Juli s.d 31 Juli 2018). Setelah menetapkan DCS melalui Surat Keputusan maka setiap Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 yang mendaftarkan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi menerima Surat Keputusan Nomor: 25/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/VIII/2018 tentang Penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi pada Pemilihan Umum Tahun 2019, dan selanjutnya KPU Banyuwangi akan mengumumkan DCS melalui media massa cetak, elektronik, dan sarana pengumuman lainnya agar diketahui oleh masyarakat luas.  (Hupmas KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita KPU Banyuwangi Tetapkan DCS Anggota DPRD Kabupaten Pemilu 2019