Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Sebanyak 592 Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi Ditetapkan dalam DCS

Print PDF

kpud-banyuwangikab.go.id – Sebanyak 592 (lima ratus sembilan puluh dua) Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi yang diajukan oleh 14 (empat belas) Partai Politik di 5 (lima) daerah Pemilihan dinyatakan memenuhi syarat administratif pada tahapan pendaftaran dan verifikasi perbaikan untuk selanjutnya ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi pada Pemilihan Umum Tahun 2019 oleh KPU Kabupaten Banyuwangi.

Dari 616 (enam ratus enam belas) bakal calon anggota DPRD Kabupaten yang didaftarkan pada tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti anggota DPRD Kabupaten yang dimulai tanggal 22 Juli 2018 sampai dengan 31 Juli 2018 sebanyak 24 bakal calon anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi ditetapkan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Kabupaten Banyuwangi.

Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi, Syamsul Arifin mengatakan, setelah penetapan status hasil pemeriksaan (verifikasi) terhadap persyaratan bakal calon sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman teknis dari KPU RI, maka KPU Kabupaten Banyuwangi telah menetapkan DCS Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi melalui Berita Acara Rapat Pleno berdasarkan Berita Acara Hasil Perbaikan dan Lampirannya dan untuk selanjutnya akan ditetapkan ke dalam Surat Keputusan KPU Kabupaten Banyuwangi setelah terlebih dahulu dilakukan sinkronisasi dan persetujuan dari Pimpinan Partai Politik atau Petugas Penghubung/Liaison Officer (LO).

"DCS selanjutnya akan diumumkan ke Publik melalui media massa cetak, elektronik, dan sarana pengumuman lainnya" kata Syamsul Arifin.

Syamsul menerangkan, masih dapat dimungkinkan terjadinya penggantian Calon anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi setelah ditetapkan ke dalam DCS yang disebabkan oleh beberapa kondisi diantaranya:

  1. Terdapat bakal calon yang tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil klarifikasi terhadap adanya masukan dan/atau tanggapan dari masyarakat terkait dengan persyaratan bakal calon;
  2. Terdapat bakal calon yang diketahui merupakan mantan terpidana Bandar narkoba, kejahatan seksual, dan/atau korupsi yang dibuktikan dengan telah diterimanya putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum ttetap;
  3. Terdapat bakal calon yang meninggal dunia;
  4. Terdapat bakal calon yang mengundurkan diri;
  5. Terdapat bakal calon yang diketahui melakukan pencalonan ganda berdasarkan hasil cek kegandaan serta telah dipastikan kebenaran kegandaan tersebut kepada bakal calon yang bersangkutan baik ganda antar partai politik, ganda daerah pemilihan, dan/atau ganda tingkatan Pemilu, setelah dilakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan;

Terdapat bakal calon yang ditetapkan sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. (Hupmas KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Sebanyak 592 Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi Ditetapkan dalam DCS