Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

TERIMA HASIL VERIFIKASI, PARPOL DIMINTA GUNAKAN WAKTU SEBAIK MUNGKIN SAAT PERBAIKAN

Print PDF

Banyuwangi, kpud-banyuwangikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi (KPU Banyuwangi), Sabtu (21/7) menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi tahapan pencalonan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRD Kabupaten) kepada 14 (empat belas) Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 melalui Petugas Penghubung/LO bertempat di Aula Kantor KPU Banyuwangi.

Hasil verifikasi terhadap dokumen bakal calon anggota DPRD Kabupaten tersebut dituangkan dalam Berita Acara Hasil Verifikasi Kelengkapan dan Keabsahan Dokumen Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten pada Pemilihan Umum Tahun 2019 beserta lampirannya. Penyerahan Berita Acara dan Lampiran diserahkan langsung oleh Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin kepada Petugas Penghubung Partai Politik, disaksikan oleh perwakilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi, dan dihadiri oleh Anggota KPU Banyuwangi (Edi Saiful Anwar dan Suherman).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin menekankan agar Partai Politik memanfaatkan waktu sebaik mungkin pada masa perbaikan, yang sesuai Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 telah ditentukan dimulai tanggal 22 Juli 2018 sampai dengan 31 Juli 2018.

Syamsul menambahkan, Partai Politik yang menyerahkan berkas pada masa perbaikan di hari terakhir (Last Time/Injury Time) akan mengalami kerugian, bekerja secara terburu-buru, koordinasi, dan komunikasi waktu yang singkat sehingga berakibat pada tidak optimalnya untuk memperbaiki dokumen syarat calon yang Tidak Lengkap (TL)/Belum Memenuhi Syarat (BMS).

Menurut Syamsul, Petugas Penghubung setiap Parpol merupakan kunci baik dan tidaknya kualitas berkas syarat calon yang akan diajukan ke KPU Banyuwangi, sehingga selain harus menguasai regulasi dan bentuk dokumen syarat calon yang seharusnya diserahkan kepada KPU sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan (Regulasi dan Juknis) petugas penghubung juga harus mampu untuk menjelaskan kepada setiap bakal calon partai politik mengenai aturan main dan kelengkapan dokumen apa saja yang harus diserahkan ke KPU Banyuwangi.

“Gunakan dan optimalkan pula setiap konsultasi, komunikasi, dan pertanyaan yang telah difasilitasi oleh KPU Banyuwangi melalui jaringan medsos, beri pemahaman aturan dan jenis dokumen yang harus dilengkapi/diperbaiki sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan” terang Syamsul Arifin.

Syamsul mengungkapkan, kerugian lain yang diperoleh jika Parpol tidak menggunakan waktu sebaik-baiknya ialah akan menguras energi petugas LO dan operator Sistem Informasi Pencalonan (SILON) Parpol serta petugas Helpdesk Pencalonan di KPU Banyuwangi.

“Kita semua akan capek, kelelahan karena harus mengerjakan pemenuhan perbaikan kelengkapan dokumen bagi LO dan operator SILOn Parpol” ungkap Syamsul. (Hupmas KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita TERIMA HASIL VERIFIKASI, PARPOL DIMINTA GUNAKAN WAKTU SEBAIK MUNGKIN SAAT PERBAIKAN