Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

14 PARPOL DI BANYUWANGI DINYATAKAN MEMENUHI SYARAT VERIFIKASI KEPENGURUSAN DAN KEANGGOTAAN

Print PDF

 

Banyuwangi, kpud-banyuwangikab.go.id Sebanyak 14 (empat belas) Partai Politik (parpol) di Kabupaten Banyuwangi dinyatakan memenuhi syarat verifikasi kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.

Kepastian keterpenuhan syarat kepengurusan dan keanggotaan parpol tersebut disampaikan melalui penyerahan berita acara hasil verifikasi kepengurusan dan keanggotaan Dewan Pimpinan Cabang (DPC)/Dewan Pimpinan Daerah parpol tingkat Kabupaten Banyuwangi bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi (KPU Banyuwangi), Jumat (2/2).

Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin mengatakan, keterpenuhan syarat kepengurusan dan keanggotaan parpol di tingkat Kabupaten Banyuwangi tersebut harus dipenuhi oleh parpol calon peserta Pemilu Tahun 2019 sesuai persyaratan yang ditentukan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Sesuai UU Pemilu Parpol harus memiliki kepengurusan di seluruh provinsi, memiliki kepengurusan di 75% (tujuh puluh lima persen) jumlah kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan, memiliki kepengurusan di 50% (lima puluh persen) jumlah kecamatan di kabupaten/kota yang bersangkutan” kata Syamsul Arifin.

Syamsul Arifin pada kesempatan tersebut menyerahkan langsung berita acara hasil verifikasi kepengurusan dan keanggotaan Dewan Pimpinan Cabang (DPC)/Dewan Pimpinan Daerah parpol tingkat Kabupaten Banyuwangi kepada setiap pengurus parpol tingkat kabupaten Banyuwangi.

Berikut adalah parpol yang dinyatakan memenuhi syarat verifikasi kepengurusan dan keanggotaan parpol tingkat kabupaten diantaranya, parpol peserta Pemilu Tahun 2014 sebanyak 11 (sebelas) parpol terdiri dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Golongan Karya (Partai Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), sedangkan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) belum ditetapkan keterpenuhan syarat-nya oleh KPU Banyuwangi lantaran masih terdapat persyaratan yang harus diperbaiki.

Sementara Parpol baru terdiri dari, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Beringin Karya (Partai Berkarya), dan Partai Garuda.

Dalam penyerahan dokumen tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Banyuwangi (Syamsul Arifin), Anggota KPU Banyuwangi, Penanggungjawab Divisi Hukum (Edi Saiful Anwar), dan Penanggungjawab Divisi Teknis Penyelenggaraan (Suherman), dan turut dihadiri oleh Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Banyuwangi, Aksan Mustofa,

Aksan Mustofa mengatakan, tugas Panwaslih adalah memastikan bahwa setiap pelaksanaan tahapan Pemilu berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun regulasi/pedoman teknis yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum. Akhsan juga turut mengapresiasi kinerja KPU yang segera merespon dengan melakukan sinkronisasi substansi dalam peraturan KPU, menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi terkait uji materi aturan mengenai verifikasi parpol calon peserta Pemilu.

“Tak lupa pula kami mengapresiasi kinerja teman-teman KPU Banyuwangi karena dalam pengawasan kami dapat bekerja sampai pagi hari keesokan harinya” kata Akhsan.

Terkait dengan perbaikan persyaratan PKPI, Anggota KPU Banyuwangi, Edi Saiful Anwar mengatakan, masih terdapat kesempatan bagi PKPI untuk melakukan perbaikan sesuai Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 yang mengatur tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 yaitu dimulai tanggal 3 Februari 2018 sampai dengan tanggal 5 Februari 2018. (Hupmas KPU Banyuwangi.FOTO/PAN)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita 14 PARPOL DI BANYUWANGI DINYATAKAN MEMENUHI SYARAT VERIFIKASI KEPENGURUSAN DAN KEANGGOTAAN