Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

WARGA DIMINTA BERPARTISIPASI AKTIF SAAT COKLIT, PETUGAS DIMINTA PROFESIONAL

Print PDF

Banyuwangi, kpud-banyuwangikab.go.id ­ - Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar Pemilih sebagai bagian dari tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 (Pilgub Jatim 2018). Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2018 yang mengatur tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan mengatur jadwal pelaksanaan Coklit daftar Pemilih dimulai tanggal 20 Januari 2018 sampai dengan 18 Februari 2018.

Pakar hukum Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi (sekaligus pernah menjabat sebagai Rektor UNTAG Banyuwangi), Sugihartoyo, Sabtu (20/1) di kediamannya mengatakan, bahwa Gerakan Coklit Serentak Nasional dalam rangka pemutakhiran daftar Pemilih untuk penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 perlu mendapat dukungan oleh warga masyarakat. Menurutnya dengan digelar secara serentak Nasional maka masyarakat menjadi mengetahui tahapan tersebut sehingga ke depan harapannya masyarakat juga ikut berpartisipasi aktif (memberikan data yang benar) dan agar kepala keluarga memastikan bahwa dirinya beserta anggota keluarga yang pada hari dan tanggal pemungutan suara Pilgub Jatim 2018 memiliki hak pilih telah terdaftar dalam daftar Pemilih.

“Saya berfikir ini adalah gerakan yang positif dan sebagai konsep baru sehingga esensi dari harapan kegiatan Coklit Serentak selanjutnya adalah warga Negara Indonesia yang memiliki hak pilih dapat berperan aktif untuk memastikan dirinya bersama anggota keluarga yang memiliki hak pilih agar terdaftar dalam daftar Pemilih” kata Sugihartoyo.

Sebagaimana dikutip dalam kpujatim.go.id, Ketua Komisi Pemilihan Umum, Arief Budiman saat memberikan sambutan dalam acara apel pagi dalam rangka Gerakan Coklit Serentak Nasional, Sabtu (20/1), di Balaikota Surabaya mengatakan, Gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan, merupakan bagian upaya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyempurnakan data pemilih sebelum ditetapkan menjadi DPT (Data pemilih Tetap).

Arief menjelaskan, bahwa KPU telah membuat inisiatif gerakan coklit nasional yang dilakukan serentak di hari pertama Gerakan Coklit Serentak se-Indonesia. Soal kenapa hal itu dilakukan di awal, menurutnya karena kegiatan ini bertujuan menjadi pengingat kepada semua pihak bahwa akan mulainya suatu pekerjaan.

“Sebab kultur kita yang terjadi, tugas selalu dikerjakan pada hari-hari terakhir dari jadwal dan KPU ingin mengubah kultur tersebut,” ujar Arief.

Untuk diketahui bahwasanya Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan melaksanakan Coklit selama 30 (tiga) puluh hari ke depan. Mereka dibekali dengan buku kerja PPDP dan tanda pengenal PPDP. Usai mendata maka petugas akan menempelkan stiker tanda telah terdaftar sebagai Pemilih dalam Pilgub Jatim 2018.

Sebelumnya Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin mengingatkan, agar dalam men-coklit, PPDP melakukan dengan cermat dan teliti serta menggunakan metode kunjungan ke setiap rumah (door to door).

“Kita tidak ingin terjadi pemutakhiran data dengan cara menerawang duduk santai di kursi. Paradigma tersebut harus diubah dengan sungguh-sungguh melakukan kunjungan ke setiap rumah” kata Syamsul Arifin.

Guna mengantisipasi disalahgunakannya momentum Coklit oleh para pihak yang tidak bertanggungjawab, Anggota KPU Banyuwangi (Penanggungjawab Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat), Jamaludin berpesan, agar PPDP selalu mengenakan tanda pengenal ketika melaksanakan tugas pendataan/Coklit, berpakaian rapi, sopan dalam melaksanakan tugas, dan mengunjungi setiap rumah sesuai dengan norma-norma tentang bertamu/berkunjung yang berlaku di masyarakat setempat.

“Kita harus professional melaksanakan tugas agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh para pihak yang tidak bertanggungjawab” kata Jamaludin. (Hupmas KPU Banyuwangi.FOTO/PAN)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita WARGA DIMINTA BERPARTISIPASI AKTIF SAAT COKLIT, PETUGAS DIMINTA PROFESIONAL