Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

GEMA COKLIT SERENTAK DI KABUPATEN BANYUWANGI DIMULAI, SELANJUTNYA AKAN SISIR 14.150 KELUARGA

Print PDF

Banyuwangi, kpud-banyuwangikab.go.id Kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak di Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (20/1) secara resmi telah dimulai di penjuru Kabupaten Banyuwangi hingga tanggal 18 Februari 2018.

Kegiatan Coklit Serentak dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 (Pilgub Jatim 2018) di Kabupaten Banyuwangi akan menyisir sebanyak 14.150 (empat belas ribu seratus lima puluh) keluarga, untuk memastikan siapa saja anggota dalam keluarga tersebut yang pada hari dan tanggal pemungutan suara Pilgub Jatim 2018 yaitu hari Rabu tanggal 27 Juni 2018, agar terdaftar sebagai Pemilih dalam daftar Pemilih.

Sementara itu sebanyak 2.830 (dua ribu delapan ratus tiga puluh) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dikerahkan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari ke depan, dengan didampingi oleh 651 (enam ratus lima puluh satu) Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 237 Desa/Kelurahan dan diawasi oleh 125 (seratus dua puluh lima) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan akhirnya akan dimonitoring pula oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi (KPU Banyuwangi).

Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin mengatakan, demi efektifitas hasil dan pengawasan maka sesuai dengan pedoman teknis dalam buku kerja PPDP akan dilakukan pengawasan setiap 10 (sepuluh) hari kedepannya.

“Kami harap PPS agar mengawasi PPDPnya, selanjutnya PPK mengawasi PPS, dan KPU Banyuwangi akan memonitor hasil secara keseluruhan” kata Syamsul Arifin.

Dalam kegiatan Coklit Serentak tersebut, sejumlah tokoh agama, tokoh akademisi, tokoh politik, budayawan, pimpinan lembaga/instansi pemerintahan dan tokoh organisasi kemasyarakatan menjadi sample, sehingga pada saat itu kediaman mereka didatangi oleh KPU Banyuwangi, PPK, PPS, dan PPDP yang telah terbagi menjadi beberapa tim.

Di Kecamatan Kalipuro misalnya, keluarga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, menjadi sample Coklit serentak. Dalam Coklit tersebut, I Made Cahyana Negara dengan antusias menunjukkan dokumen kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) beserta Kartu Keluarga untuk dicatat oleh PPDP. Di kediaman ketua DPRD tersebut, Anggota KPU Kabupaten Banyuwangi, Edi Saiful Anwar, didampingi oleh PPK Kalipuro, Kepala Desa Ketapang, PPS Desa Ketapang, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Kalipuro, Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) Desa Ketapang.

Selanjutnya di Desa Pesanggaran Kecamatan Pesanggaran. Kepala Desa Pesanggaran, Sukirno, berkenan untuk menjadi sample Coklit Serentak. Turut mendampingi ke kediaman Sukirno, adalah PPK Pesanggaran, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Pesanggaran, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Pesanggaran, dan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL).

Tidak lupa pula Pemilih Penyandang Disabilitas ikut menjadi sample Coklit Serentak, Sabtu (20/1), seperti di Desa Jajag Kecamatan Gambiran yang PPDP, PPK, dan PPSnya langsung didampingi oleh Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin.

Terdapat pula tokoh agama yang menjadi Sample, seperti yang terjadi di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar. Kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Minhajut Thullab Muncar sekaligus sebagai Rois Syuriah Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Muncar, K.H, Fahrudin Mannan.

Selanjutnya Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi, Masykur Ali di Kecamatan Genteng yang juga turut menjadi sample.

Sebelum Coklit di lapangan di lakukan, pada hari itu dilakukan secara serentak apel pagi bertempat di kantor kelurahan/desa masing-masing. Sejumlah prosesi seremonial dilakukan diantaranya, pengarahan dari pemangku kepentingan, penyematan tanda pengenal PPDP, pembacaan pakta integritas, hingga membawakan yel-yel KPU Mencoklit dan yel-yel Pilgub Jatim 2018.

Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin berpesan agar tidak lupa PPDP untuk menempelkan stiker tanda Pemilih telah terdaftar, selalu menggunakan tanda pengenal, bersikap sopan dan komunikatif, cermat dan teliti dalam bekerja. (Hupmas KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita GEMA COKLIT SERENTAK DI KABUPATEN BANYUWANGI DIMULAI, SELANJUTNYA AKAN SISIR 14.150 KELUARGA