Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

TERIMA DP4, PPK BLIMBINGSARI LAKUKAN BIMTEK

Print PDF

Blimbingsari,  kpud-banyuwangikab.go.id - Selang beberapa hari setelah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari KPU,  PPK Blimbingsari menggelar Bimbingan Teknis Ploting DP4. Kegiatan ini bertempat di Aula MI Miftahul Ulum Patoman,  Selasa (9/1) Siang.

Turut hadir dalam kegiatan ini,  Ketua Panwascam Kecamatan Blimbingsari Untung Hermawan bersama seorang staf,  serta seluruh peserta yang terdiri dari Ketua PPS dan Divisi Teknis PPS Se-Kecamatan Blimbingsari.

Bimbingan Teknis dipimpin langsung oleh Zulkifli, selaku Divisi Teknis PPK Kecamatan Blimbingsari. Dalam Kesempatan ini Mohamad Dzulkifli menyampaikan bahwa DP4 yang diserahkan oleh KPU sebagian merupakan data Pemilihan Bupati Banyuwangi pada tahun 2015 ditambah dengan pemilih tambahan.

"Sebagian dari data Ini merupakan data Pilbub 2015,  namun ada beberapa tambahan.  Hal ini cukup menguntungkan karena mungkin tidak terlalu banyak perubahan", kata Mohamad Dzulkifli.

Setelah mendapatkan DP4, PPS diharuskan melakukan ploting DP4 ke masing-masing TPS. Selanjutnya mereka harus membagi TPS 0 (Istilah penyebutan daftar nama baru yang belum masuk dalam ploting TPS pada Pemilu sebelumnya) ke TPS yang sudah ada.

Dalam Hal ini,  Muhammad  Handoyo Tim Bimtek PPK Blimbingsari mengarahkan agar nama-nama yang berada di TPS 0 diurutkan berdasarkan RW,  RT,  KK,  hingga NIK.  Menurut Muhammad Handoyo hal ini harus dilakukan untuk memudahkan Tim P2DP pada saat turun lapangan.

"Ini harus dilakukan,  jika tidak diurut hingga per KK ditakutkan  bisa jadi Tim PD2P harus balik 2 kali ke keluarga yang bersangkutan. Misal, di coklit yang pertama dalam urutan hanya ada bapak dan ibunya, lalu mencoklit ke keluarga lain. Kemudian baru ketemu nama anaknya, ini akan membuat mereka balik lagi akhirnya" ujar Handoyo.

Semenetara itu Yusri Nur Dian Muslim Divisi Teknis PPS Desa Patoman terlihat lebih sibuk ketimbang PPS yang lain,  hal ini dikarenakan PPS Patoman mendapat jatah pengurangan dari 8 TPS menjadi 7 TPS. Dengan demikian PPS Patoman harus melakukan Ploting ulang dari 8 TPS yang terdapat di DP4 menjadi 7 diatambah TPS 0.

"Agak lumayan pusing sebenernya,  tapi Insyaalloh berkat pengalaman di tahun sebelumnya di tambah bimbingan PPK, PPS Patoman optimis bisa menyelesaikanya" ungakap Yusri.

Selanjutnya para peserta melakukan pembagian TPS 0 ke TPS yang sudah ada,  didampingi oleh Kordes PPK masing-masing.  Hasil ploting DP4 nantinya akan dikumpulkan paling akhir pada hari Kamis 11 Januari 2018 pukul 15.00 WIB. (PPK Blimbingsari.FOTO/PPK Blimbingsari)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita TERIMA DP4, PPK BLIMBINGSARI LAKUKAN BIMTEK