Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

JUMLAH PEMILIH DUA DESA DI KECAMATAN MUNCAR CAPAI LEBIH DARI 2.300 ORANG

Print PDF

Muncar, kpud-banyuwangikab.go.id – Sebagai pemilih yang pada tanggal 27 Juni 2018 akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 (Pilgub Jatim 2018), jumlah Pemilih Pemula di 2 (dua) desa di Kecamatan Muncar mencapai lebih dari 2.300 (dua ribu tiga ratus) orang.

Dua desa tersebut diantaranya, Desa Tembokrejo yang pemilih pemulanya  mencapai 2.554 (dua ribu lima ratus lima puluh empat) orang dan Desa Kedungrejo mencapai 2.366 (dua ribu tiga ratus enam puluh enam) orang. Demikian diungkapkan oleh Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK Muncar), Hosnan, Selasa (9/1), usai kegiatan Bimbingan Teknis Ploting Pemilih dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) ke dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hosnan mengatakan, jumlah pemilih pemula di kedua desa tersebut adalah pemilih yang pada tanggal pemungutan suara Pilgub Jatim 2018, yaitu tanggal 27 Juni 2018 adalah genap berusia 17 (tujuh) belas tahun.

“Dari data tersebut tentunya membutuhkan kerja keras dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Tembokrejo dan Desa Kedungrejo untuk menyusun daftar Pemilih dan mensosialisasikan Pilgub Jatim 2018 kepada Pemilih Pemula” kata Hosnan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi, Andi Tri Prawono mengatakan, perlu strategi sosialisasi yang menarik agar besarnya kuantitas (jumlah) pemilih pemula di Desa Tembokrejo dan Desa Kedungrejo dapat diiringi pula dengan kualitas partisipasinya yaitu mengetahui garis besar tahapan Pemilihan, pemahaman dalam penggunaan hak pilihnya, dan pengetahuan kandidat calon melalui program-program kerja yang tercantum dalam dokumen visi dan misinya.

“Pemilih Pemula yang pada hari pemungutan suara genap berusia 17 (tujuh belas) tahun perlu pengenalan yang komprehensif terhadap proses Pemilihan Serentak karena merupakan pemilih yang sebelumnya belum pernah menggunakan hak pilih” kata Andi Tri Prawono.

Hosnan menuturkan, PPK Muncar bersama dengan PPS Desa Tembokrejo dan Desa Kedungrejo berdasarkan data jumlah pemilih Pemula tersebut dalam melaksanakan ploting Pemilih ke dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus bekerja lebih ekstra dengan melihat secara cermat data kependudukan yaitu nomor Kartu Keluarga (KK) dan alamat (terdiri dari RT/RW).

Dalam Bimtek yang dihadiri oleh Unsur Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih), Ketua Panwaslih Kecamatan Muncar, Hosen berkomitmen, terkait tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih pihak Panwaslih Kecamatan bersama dengan jajaran di bawahnya akan mengawasi proses ploting DP4 ke dalam TPS hingga tahapan Coklit daftar Pemilih. (PPK Muncar.FOTO/PPK Muncar)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita JUMLAH PEMILIH DUA DESA DI KECAMATAN MUNCAR CAPAI LEBIH DARI 2.300 ORANG