Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

KPU BANYUWANGI BIMTEK PPK TERKAIT PEMBENTUKAN SEKRETARIAT PPK DAN PPS

Print PDF

Banyuwangi, www.kpud-banyuwangikab.go.id Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi (KPU Banyuwangi), Selasa (5/12), bertempat di Aula Kantor KPU Banyuwangi telah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap Ketua dan Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Banyuwangi terkait Pembentukan Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 (Pilgub Jatim 2018).

Bertindak selaku pemateri (narasumber) pada acara tersebut adalah Komisioner KPU Kabupaten Banyuwangi, Dwi Anggraini Rahman (Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik) dan Suherman (Divisi Teknis Penyelenggaraan) serta Abdul Faruq Eriyono (Sekretaris KPU Kabupaten Banyuwangi).

Sekretaris KPU Banyuwangi, Abdul Faruq Eriyono menjelaskan materi terkait mekanisme pembentukan Sekretariat PPK dan PPS sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 sebagaimana telah beberapa kali diubah dengan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2017.

Abdul Faruq Eriyono berpesan agar PPK dan PPS dapat berkomunikasi dengan baik dengan Camat maupun Kepala Desa/Lurah masing-masing dalam penunjukan Sekretaris beserta Staf Sekretariat PPK maupun PPS.

Sementara itu, Komisioner KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini Rahman sekaligus sebagai Wakil Penanggungjawab Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Banyuwangi, menjelaskan terkait nomenklatur pembagian Divisi di tingkat PPK berikut dengan uraian tugas-tugasnya secara mutatis mutandis mengikuti tata nama (penamaan) pembagian dan uraian tugas Divisi KPU Kabupaten berdasarkan Surat Edaran KPU Nomor: 420/KPU/VIII/2016 tanggal 1 Agustus 2016 perihal Penamaan dan Pembagian Divisi Anggota KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupate/Kota.

“Kepada anggota PPK yang sekarang agar mempelajari dengan seksama semua peraturan yang berkaitan dengan tugas, wewenang dan kewajiban PPK berikut dengan tugas setiap divisi dengan mempedomani pada Peraturan KPU dan Surat Edaran yang telah ditetapkan oleh KPU RI” kata Dwi Anggraini Rahman.

Dwi Anggraini Rahman menambahkan, selain memahami uraian tugas dan melaksanakan secara baik di lapangan, agar PPK memberikan pelayanan yang terbaik dalam mensukseskan moment berikut dengan seluruh tahapan-tahapan Pilgub Jatim Tahun 2018.

“Dalam tahapan kami mengharap PPK selalu ready (selalu siap) karena memasuki tahapan tidak mengenal tanggal merah/hari libur” tambah wanita kelahiran Jember, 23 November 1981 tersebut.

Senada dengan hal tersebut, Komisioner KPU Banyuwangi, Suherman berpesan pula agar seluruh jajaran PPK dan PPS dapat bekerja sebagai “Superteam” yang baik serta dapat melaksanakan asas keterbukaan (transparansi) dalam pelaksanaan tahapan Pilgub di setiap tingkatan kecamatan maupun kelurahan/desa dan menjaga integritas sebagaimana arahan-arahan dalam pelantikan PPK maupun PPS.

Selalu tingkatkan koordinasi dengan pemangku wilayah di tempat anda bertugas agar pelaksanaan Pilgub terwujud sukses dan lancar” kata Suherman. (Hupmas KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita KPU BANYUWANGI BIMTEK PPK TERKAIT PEMBENTUKAN SEKRETARIAT PPK DAN PPS