Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

Pemilu Serentak 2019, Momentum Sangat Penting Bagi KPU Sebagai Penyelenggara Pemilu

Print PDF

Yogyakarta, kpu.go.id - Hasyim Asy'ari, Nur Hidayat Sardini, Syamsudin Haris, H.M. Lukman Edy dan Bambang Eka menjadi narasumber dalam seminar nasional yang diselenggarakan oleh Fisipol UGM, AIPI, dan DKPP, Kamis-Jumat, 27-28 April 2017. Seminar Nasional XXVII AIPI yang bertajuk Pemilu Serentak 2019 ini merupakan momentum yang sangat penting bagi KPU sebagai penyelenggara Pemilu di Indonesia.

Seminar nasional yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo dan Ketua DKPP Jimly Asshidqie sebagaikeynote speech, dihadiri sekitar seratus orang penyelenggara pemilu, anggota DPR, akademisi dan masyarakat yang peduli demokrasi di Yogyakarta dan sekitarnya.

Dalam kesempatan ini Hasyim menyampaikan, akan banyak permasalahan yang dihadapi KPU dalam pemilu serentak yang akan datang, adalah kepastian sistem pemilu, anggaran pemilu, tahapan pemilu yang tumpang tindih dengan pilkada serentak 2018 dan DPT. Permasalahan kecil yang terjadi dalam sistem pemilu terbuka misalnya, dan banyaknya desain surat suara yang harus dibuat untuk 2.453 daerah pemilihan (dapil). Belum lagi anggaran Pemilihan Umum yang sangat besar dimana 70 persen diantaranya merupakan biaya penyelanggara pemilu.

Hasyim dan beberapa pemateri juga mendesak agar DPR dan Pansus RUU Pemilu untuk segera menyelesaikan RUU Pemilu. Yang selanjutnya disampaikan oleh ketua Pansus RUU Pemilu H. M. Lukman Edy, agar masyarakat dan penyelenggara bersabar, yakin bahwa RUU akan segera rampung. Hal penting lain yang akan diusulkan Pansus adalah kesetaraan antara KPU dan Bawaslu agar KPU Kabupaten/Kota menjadi adhoc.

Peserta seminar juga akan mendapat jamuan makan malam bersama Sri Sultan HB X di Bangsal Sri Manganti komplek Kraton Yogyakarta Hadiningrat dan akan ditutup esok hari tanggal 28 April 2017. (BKN-TKP Unpad 2016)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita Pemilu Serentak 2019, Momentum Sangat Penting Bagi KPU Sebagai Penyelenggara Pemilu