Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

KPU BANYUWANGI SOSIALISASI KEPEMILUAN DI HADAPAN PULUHAN PEMILIH PEMULA PEREMPUAN

Print PDF

Banyuwangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan sosialisasi kepemiluan di hadapan puluhan pemilih pemula perempuan. Sosialisasi Kepemiluan tersebut telah diagendakan dan dikemas oleh Guru SMA Al-Kaustar Sumbersari Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi yang melakukan kunjungan ke Kantor KPU Kabupaten Banyuwangi, Senin (27/2/2017).

Anggota KPU Kabupaten Banyuwangi Divisi SDM dan Parmas, Jamaludin, serta Divisi Teknis Penyelenggaraan, Suherman, bertindak selaku pemateri dan pendamping pada kegiatan tersebut. Jamaludin, Anggota KPU Kabupaten Banyuwangi yang fasih berbahasa arab dan bahasa inggris tersebut menjelaskan secara konsep mengenai kepemiluan dengan menggunakan 3 bahasa (Inggris, Arab, Indonesia) diantaranya :

  1. Pemilu dan Pemilihan;
  2. Syarat Pemilih;
  3. Peserta Pemilu dan Pemilihan;
  4. Tahapan Pemilu dan Pemilihan;
  5. Lembaga Penyelenggara Pemilu beserta Tugas, Wewenang, dan Kewajibannya;
  6. Perlengkapan, dan Peralatan Pemungutan Suara;
  7. Tata Cara mencoblos (sah dan tidak sah nya suara pada Pemilu dan Pemilihan);
  8. Tempat Pemungutan Suara (Denah dan Maket);

Pada kesempatan tersebut dilakukan tanya jawab (dialog), cukup menarik salah satu peserta menanyakan persyaratan sebagai calon Anggota DPR dan peserta lain menanyakan manfaat menggunakan hak pilih serta sanksi bagi warga Negara Indonesia yang tidak menggunakan hak memilih.

Pertanyaan tersebut dijawab secara gambling oleh Jamaludin dengan menguraikan persyaratan calon Anggota DPR seperti : WNI, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berusia 21 Tahun, berpendidikan paling rendah SMA/Sederajat, Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba, dan lain-lain persyaratan dengan mempedomani UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD. (Hupmas KPU Kabupaten Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita KPU BANYUWANGI SOSIALISASI KEPEMILUAN DI HADAPAN PULUHAN PEMILIH PEMULA PEREMPUAN