Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

e-Katalog sebagai Sarana mempermudah Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum

Print PDF

Foto : Ilustrasi Google

Banyuwangi - Pelaksanaan pengadaan barang/jasa di Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara bertahap akan dirubah dari sebelumnya konvensional menjadi secara katalog elektronik atau e-katalog. Prinsipnya, e-katalog ini untuk mempermudah proses pengadaan logistik untuk kebutuhan pemilu dan pilkada.

Pengadaan barang/jasa sudah saatnya memanfaatkan teknologi informasi, seperti e-katalog. Ke depan distribusi juga akan menggunakan tracking, sehingga dengan tracking model scan ini dapat mempermudah melacak distribusi logistik di seluruh daerah, tutur Arif saat memberikan pengarahan kebijakan pengadaan dan pendistribusian logistik pilkada melalui e-katalog di depan peserta Rapat Koordinasi (rakor) Pengelolaan Logistik Pemilihan 2017 Tingkat Nasional, Kamis (15/9) di Surabaya.

Manfaat e-katalog antara lain dapat mengurangi biaya proses pengadaan, tidak perlu lagi menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS), mengurangi resiko kegagalan lelang, terstandarnya spesifikasi teknis barang/jasa, mengurangi resiko hukum, dan memberikan rasa aman terhadap pengelola pengadaan, sehingga pengadaan barang/jasa menjadi efektif, efisien, dan akuntabel.

E-katalog ini juga mendukung pelaksanaan pemilu dan pilkada yang serentak, tambah Arif. Kemudahan dari e-katalog untuk pemilu dan pilkada dilakukan serentak dan berulang adalah tidak ada lagi pra kualifikasi, karena prakualifikasi telah dilakukan oleh tim gabungan dari KPU, Inspektorat, dan LKPP, sehingga akan didapatkan penyedia barang/jasa yang benar-benar kredibel.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irawati, juga mendukung upaya KPU mewujudkan pengadaan melalui e-katalog ini. Selain mempermudah KPU dalam pengadaan logistik pemilu dan pilkada, e-katalog ini juga membantu KPU untuk tetap berintegritas. (Hupmas KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita e-Katalog sebagai Sarana mempermudah Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum