Komisi Pemilihan Umum Kab. Banyuwangi

e-KTP cegah DPT Ganda

Print PDF

Banyuwangi - Perekaman e-KTP yang ditetapkan Pemerintah dengan batas waktu sampai 30 September 2016 nanti diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam penyusunan Daftar Pemilih Tetap atau DPT. Dengan menggunakan data penduduk berbasis elektronik, penyusunan DPT relatif akurat dan aman karena Pemerintah mengklaim data penduduk di e-KTP terjamin ketunggalannya. Perekaman biodata, sidik jari dan iris mata penduduk pada e-KTP dapat digunakan sebagai patokan yang akurat dan terpercaya.

Sebagai persiapan Pilkada serentak pada 2017 nanti, Juri Ardianto Ketua KPU RI menghimbau kepada masyarakat yang belum merekam KTP elektronik pada saat ini masih ada waktu untuk merekam, tetapi bagi yang sudah merekam namun belum menerima KTP elektronik agar segera mengurus surat keterangan kependudukan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. . “Jadi pada saat sekarang ini sudah ditegaskan tidak ada identitas lain selain KTP elektronik yang menjadi dasar bagi pemilih untuk dapat memilih”, tegas juri.

Pemerintah melakukan upaya sebaik-baiknya dengan instansi terkait dalam percepatan perekaman e-KTP. Karena dengan e-KTP segala akses pembangunan dapat dipermudah, tidak hanya pengurusan surat-surat namun juga perizinan tidak perlu lagi menggunakan KTP Lokal. Disamping itu, e-KTP diproyeksikan untuk mendukung suksesnya Pemilu mendatang dan mencegah terjadinya kisruh DPT yang sering kali terjadi sehingga demokrasi di Indonesia dapat tercapai dengan lebih baik dan berkualitas. (Hupmas KPU Banyuwangi)

Jejak Pendapat

Menurut anda, bagaimanakah cara pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang baik/tepat?




Results

Temukan Kami

Facebook
twiter
Google+

Kontak Support

Bag. Teknis:
Bag. Hukum:
Bag. Program:
Bag. Umum:
You are here: Berita e-KTP cegah DPT Ganda